Pengalaman Mencari Kerja Setelah Lulus SMK

Sudah habis masa-masa indahku dismk, tahun 2016 ini aku sudah diwisuda yang artinya sudah dilepas dari sekolah yang penuh cerita. 18 tahun jalan 19 usiaku sekarang dan alhamdulillah aku memiliki wanita yang setia bersamaku sampai saat ini menemaniku dari waktu smk kelas 12, aku bersamanya setiap hari kecuali malam, pagi hari aku jemputnya sekolah, istirahat sekolah aku bersamanya, pulang sekolahpun aku bersamanya bermain bareng seperti sepasang sahabat yang tak menghiraukan orang2 sekitar, tidak pernah ada rasa jenuh aku bersamanya. Namun setelah lulus SMK aku lebih banyak main diwarnet, tapi tetap bersama pacarku.

                Saat main warnet aku berinisiatif untuk mencari kerja di internet, bermodalkan nekat dan kemampuan yang kubisa, hanya dengan CV yang kutulis, KTP juga belum punya, karena memang prosesnya yang sangat lama. Aku kirim CV ku itu ke email2 HRD Perusahaan yang aku sudah cari di loker.web.id dan jobs.id, kebetulan aku mencari pekerjaan yang cocok dengan basic dan kemampuanku, waktu itu aku memilih kategori Desain Grafis, Animator dan Teknologi Komunikasi, tak lama setelah kukirim beberapa email, Handphone ku bunyi ada telepon masuk dari nomor yang tidak aku kenal, saat ku angkat ternyata adalah HRD perusahaan yang meminta aku untuk datang besok hari, aku terima saja karena memang lokasinya di Cibinong Bogor, tidak terlalu jauh dari rumahku yang berlokasi di Parung Bogor, namun sebelum aku datang, aku tanya dulu bagaimana kalau tidak punya KTP dan sebagainya, mereka bilang “Datang aja dulu”, baiklah kataku aku akan datang besok pagi jam 8. Dan setelah itu ada lagi yang menelponku untuk datang besok sore jam 3 untuk interview, dan lagi2 kutanya apa bisa tanpa KTP dan sebagainya, jawabannya tidak bisa, harus memiliki CV lengkap, jawabnya ditelpon.

                Keesokan harinya aku datang kedaerah Cibinong Bogor untuk interview menggunakan sepeda motor yang kudapat dari Momogi, setelah kucari-cari alamatnya akhirnya kutemukan juga, namun aku bingung, setelah kulihat2 Ruko dipinggir jalan raya Cibinong, tidak ada alamat yang tepat, aku tanya satpam setempat, katanya alamat yang kutanyakan berada didalam komplek perumahan, aku sedikit bingung dan kurang yakin, dalam hatiku kesana atau tidak ya, berhubung pikirku sudah jauh2 sampe sini tapi tidak jadi ya percuma, aku lanjutkan saja interview pertamaku, sampai juga dialamat yang aku tuju, ternyata kantornya didalam rumah, aku semakin kurang yakin, lalu aku diberi form yang harus aku isi sebelum interview, aku isi keseluruhannya dan setelah itu tiba waktunya aku interview, blablablablabla aku selesai interview, mereka bilang hasilnya tunggu 4 hari, kalau tidak ada sms berarti tidak diterima. Aku tidak berharap diterima juga karena aku kurang yakin sama kerjaan yang harus keluar kota. Namun aku tunggu sampai 4 hari dan setelah itu tidak ada sms.

                Lalu aku putuskan saja untuk kewarnet lagi bersama pacarku, dan dibantu pacarku juga untuk mencari kerjaan yang cocok denganku, email yang terkirim aku rasa sudah cukup banyak, dan tak lama ada 1 email masuk yang memintaku untuk datang ke Jl.Boulevard Selatan Bekasi untuk interview, aku balas saja iya aku akan datang besok dan tak lupa kutanya apakah bisa kalau belum ada KTP? Jawabannya sama seperti sebelumnya “iyaa datang saja dulu”. Kalau begitu oke, dan tiba waktunya besok, tapi aku tidak jadi datang lantaran kurang yakin, aku email saja HRDnya kalau aku tidak jadi datang, mungkin besoknya, jawabannya “yasudah besok ditunggu” seingatku begitu. Lalu besoknya aku bulatkan tekat dan semangat, berangkat aku ke Stasiun Depok Baru dan langsung membeli tiket Commuter Line seharga Rp.4000 menuju Stasiun Bekasi, beruntung aku sudah lumayan sering naik Commuter Line jadi tidak kebingungan. Sampai distasiun Manggarai aku transit menuju Stasiun Bekasi dan sedikit aneh disebelahku waktu itu seperti orang gila yang ketawa2, makan goreng pisang, rambut panjang acak2an, pake kolor dan kaos, alas kaki gak pake alias nyeker, rasanya pengen pindah tempat aja haha. Lumayan lama tapi akhirnya sampai di Stasiun Bekasi, aku tanya Satpam Stasiun pintu keluar mana yang ke arah Summarecon Bekasi, dia jawab pintu keluar selatan,  langsung saja aku bergegas membawa tas yang berisi laptop dan flashdisk untuk modal aku interview.

                Setibanya diruko Emerald Jl.Boulevard Selatan Bekasi, aku berputar2 mencari alamat UA3D dari ujung keujung tidak ketemu juga, aku tanya saja sama Satpam setempat, dia bilang tidak ada UA3D adanya UA3 aja, aku langsung telpon HRD perusahaan yang aku lamar itu, dia bilang UA30, ahh pikirku hp kecil ngeselin, UA30 di handphone kecilku seperti UA3D hahaha menyebalkan sekali. Sudah kutemukan ruko UA30, langsung saja aku masuk dan permisi kepada bapak paruh baya yang berseragam pegawai perusahaan itu, aku bilang “assalamualaikum pak, saya Anjar Muslim mau interview dengan Bu HRD” jawabnya “ooh ini langsung diisi aja mas formnya” lagi lagi aku mengisi form interview yang banyak tersebut, aku tidak sendiri, setelah aku mengisi 1 lembar form, ada seseorang yang datang untuk interview juga, namanya mas Adam, sambil ngisi formulir sambil ngobrol2 dengannya. Ternyata dia juga sama melamar sebagai Desainer Grafis, tapi aku tetap yakin dengan kemampuanku, sudah terisi semua form yang diberikan, tiba waktunya aku interview, naik kelantai 4 aku menggunakan tangga yang lumayan cape juga untuk sampai dilantai 4, sampainya diatas aku langsung bertemu Ibu HRD, dan langung interview, tidak hanya Ibu HRD namun Bapak pemilik perusahaan juga ikut dalam ruang meeting untuk interview aku. aku berikan saja apa yang kubawa, mereka meminta CV, namun waktu itu aku belum sempat ngeprint CV, jadi aku berikan saja Motion Resume yang ku buat dari jauh hari, kutancapkan flashdisk ke komputer besar diruang meeting tersebut, dan alhamdulillah sepertinya mereka tertarik. Berikut Motion Resume yang kubuat www.youtube.com/

                Setelah interview itu aku langsung ditest kemampuan Photoshopku dengan diberikannya bahan2 test yang berupa model dan produk. Diberikan waktu 30 menit. Aku kerjakan saja setelah dipersilahkan duduk dikomputer karyawan ber sistem operasi windows 10 dan kurasa cukup lemot karena aku mengerjakannya dikomputer Copy Writer, bukan editor, yaa mau gimana lagi karena komputer editor menggunakan MAC OS, aku tidak terbiasa menggunakan merk Apple, 70% aku mengerjakan ternyata yang terjadi Force Close, ooww aku laporan saja ke Pemilik perusahaan yang sangat ramah itu, dia bilang “force close ya force close? Pindah kesini aja diulang ya mas” dengan logat jawanya, dan membawa aku kekomputer editor yang ber OS MAC itu, aku coba sajalah, gapapa bedanya menurutku cuma di CTRL dan CMD saja kalau untuk Photoshop, aku kerjakan ulang dan diberi waktu lagi 30 menit, setelah kucoba ternyata dari sisi mouse juga berbeda, gerakan mousenya terlalu sensitif dan aku tidak bisa scrol kebawah keatas karena scrol mousenya tidak ada ahahaha (maklum norak wkwk).

                Sudah 75% kira2 aku kerjakan, namun waktunya sudah habis, apa boleh buat kalu begitu, tidak secepat menggunakan OS Windows, MAC OS buat ku rada kebingungan. Setelah itu aku diajak masuk keruang meeting lagi, tapi bukan dengan ibu HRD, melainkan dengan 2 Editor diperusahaan itu, sedikit perbincangan tentang skill dengan mereka berdua dan dilanjut lagi dengan Ibu HRD yang membicarakan soal jam kerja dan fasilitas apa saja yang didapatkan diperusahaan itu. Selesai sudah aku interview diperusahaan itu, Ibu HRD bilang tunggu kabar sampai hari jumat, waktu aku interview hari senin,jadi nunggu sampai 4 hari dulu. begitu katanya. Aku bilang iya bu saya tunggu, dan setelah keluar dari ruang meeting yang sangat dingin itu aku pamit dengan 2 Editor dan Bapak pemilik perusahaan, dan tentu saja dengan Ibu HRD menuju keluar ruang kerja.

                Semua pegawai disana ramah-ramah, pas turun tangga aku bertemu Office Boy yang membawa setumpuk piring  menyapa dan senyum kepadaku, aku pamit saja dan balas sapaannya dengan senyum (walaupun gabisa senyum tapi nyengir:D) berangkat pulang aku menuju stasiun dan pulang ke rumah di Parung. Aku menunggu kabar dari perusahaan itu sampai hari kamis tak ada kabar, aku email saja ibu HRDnya tapi tak ada balasan, dihari itu juga aku ada panggilan interview lagi didaerah Tomang Jakarta Barat, aku diminta datang pada hari jumat jam 10, aku pikir yasudah yang di Bekasi belum ada kabar sepertinya aku tidak diterima. Besoknya aku datang saja ke Jl.Raya Mandala, Tomang Jakarta Barat, bermodalkan uang yang diberi Bapaknya pacar aku, dan dengan dukungannya,  Bapaknya pacar aku juga memberitahu Bus mana yang harus aku naiki, setibanya di Halte Mandala jam 11 siang aku turun dan langsung ketemu alamat yang aku tuju, namun seperti di Cibinong Bogor, kantornya berada didalam rumah, tempatnya juga tempat percetakan  dan karyawan-karyawan yang menurutku tidak baik alias judes tampangnya dan perlakuannya, saat ku masuk kedalam aku dipersilahkan langsung mengisi form yang diberikan, setelah sudah aku isi aku diminta menunggu dulu, sampai jam set 12 siang, salah satu karyawan atau siapa turun dan bilang, “mas dilanjut nanti siang aja jam 2, soalnya tempat ini mau kita pake buat makan, mas sholat jumat dulu aja”, bagiku itu perlakuan yang tidak baik, meminta menunggu tapi tidak jadi.

                Aku keluar saja dari tempat itu dan mencari masjid terdekat, setelah aku cari dan aku tanya ternyata lumayan jauh, kalau begitu aku cari tempat makan sajalah, aku makan mie ayam dipinggir jalan sampai jam 1an siang aku masih menunggu tiba waktunya jam 2, lumayan bete dan sempat aku berpikir kabur aja ah gajadi interview, tapi aku pikir juga nanggung udah jauh2 kesini, dan akhirnya tiba juga jam 2 siang aku datang lagi ketempat itu, aku langsung  diminta test bikin daftar menu menggunakan Adobe Illustrator, aku bikin saja dengan bahan yang diberikan, aku buat tidak terlalu bagus karena males juga udah sampe jam set 4 sore aku disana, menurutku itu waktu terlalu lama untuk melamar kerja, sambil mengerjakan test handphone aku bergetar ada yang menelpon, tidak aku angkat-angkat, setelah aku lihat 4 panggilan tak terjawab dan ternyata dari nomor perusahaan yang dibekasi, langsung saja aku email Ibu HRD perusahaan yang di Bekasi untuk menelpon lagi. Namun tak ditelpon2 mungkin karena belum dibaca, dan tiba waktunya aku interview di tempat percetakan yang sudah aku tunggu selama 5 jam ini, sepertinya aku diinterview langsung dengan Bapak yang punya tempat percetakan itu, namun Bapak itu sangat jutek dengan tampang Cinanya, dan pertanyaan2 yang dilontarkannya aku jawab dengan ngasal juga, karena aku rasa aku tidak akan cocok bekerja untuk orang Cina,  ditengah interview handphone ku bergetar kembali, aku izin keluar dari ruangan tempat interview itu dan sepertinya Bapak Cina itu kesal. Bodoamat aku keluar saja, dan yang menelpon memang dari perusahaan yang di Bekasi, katanya bertanya apakah masih berminat bergabung bersama mereka, aku senang sekali dan aku jawab iya bu masih,  jawabku, baik, kalau begitu nanti saya telpon lagi, balasnya.

                Setelah itu aku lanjutkan interview dengan Bapak Cina ngeselin itu dengan menjawab pertanyaannya ngasal-ngasal, tak lama setelah itu aku akhirnya pergi dari tempat itu dan mencari ojek, ketemu dengan ojek aku minta diantarnya ke Stasiun Tanah Abang yang tidak jauh dari Tomang tersebut, 20rb ongkosnya yang menurutku ojek ini curang, tapi tidak apalah berhubung aku malas naik Busway, setibanya di Stasiun Tanah Abang aku membeli tiket menuju Stasiun Serpong yang kebetulan motorku diparkir disana, sekiranya baru sampai Stasiun Palmerah Handphone ku lagi-lagi bergetar dan yang menelpon adalah Ibu HRD perusahaan yang ada di Bekasi, dia berkata katanya hari senin aku dipersilahkan masuk kerja sebagai Editor & Animator, ditanya juga aku membutuhkan komputer OS apa, aku bilang OS Windows aja. Aku juga bertanya untuk pakaian yang aku gunakan nanti, jawabnya “Senin s/d Rabu kemeja,Kamis Bebas,Jumat batik” begitu katanya, aku bilang terimakasih bu, dan tak sabar menunggu hari senin, senang sekali rasanya diterima kerja.


                Dihari minggunya aku bersama  pacarku kebekasi untuk survei kosan dan kontrakan, alhasil ada satu kosan yang lumayan murah dgn harga 500rb/Bln, tapi aku belum yakin untuk ngekos, selama 5 hari kerja pertama aku masih ongkos PP Parung-Bekasi. Demikian cerita tentang Pengalaman Mencari Kerja yang aku tulis, alhamdulillah sampai sekarang aku masih bekerja dan ngekos di Bekasi, sudah mendapatkan upah pertama juga yang sudah habis untuk keperluan lebaran 2016 ini hehe. Buat kalian yang masih mencari kerja jangan putus asa, harus banyak usaha dan berdoa, optimis juga dengan kemampuan kalian.  Dulu sewaktu kelas 2 SMK aku bercita-cita jadi Animator dan berteriak didepan kelas diwaktu pelajaran bahasa inggris Mrs. Resty Isnaeni. Mungkin guru Bahasa Inggris dan teman kelas 2 SMK masih ingat wkwkwk, dengan gambar karikatur wajah ku yang dicetak dikertas ukuran A4 dengan background warna biru muda dengan tulisan “I Want To Be Animator”. Cita-cita itu sekarang tercapai:) Alhamdulillah, namun masih banyak tujuan yang harus aku capai. Jangan pernah ragu untuk bermimpi. Terimakasih sudah membaca Pengalaman Mencari Kerja di Aliansiku, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan batin.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Moshing Violence Dance